Tutorial Menyembunyikan Elemen dengan Tag HTML

facebook twitter email whatapps   Minggu, 23 Juni 2024

Tutorial Menyembunyikan Elemen dengan Tag HTML

 Halo sobat coder! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara untuk menyembunyikan elemen dengan tag HTML. Menyembunyikan elemen dapat berguna dalam pengembangan web untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik. Mari kita mulai!

Penggunaan Tag display: none;

 Salah satu cara untuk menyembunyikan elemen di HTML adalah dengan menggunakan CSS. Kita dapat menggunakan properti display: none; pada style sheet untuk menyembunyikan sebuah elemen. Berikut contoh penggunaannya:



<style>
.hidden {
display: none;
}
</style>

 Dengan menambahkan kelas hidden pada sebuah elemen, elemen tersebut akan disembunyikan dari tampilan halaman web. Hal ini sangat berguna terutama dalam hal-hal seperti validasi form dan pengaturan tampilan dinamis.

Menggunakan Atribut hidden

 Sejak HTML5, kita juga dapat menggunakan atribut hidden untuk langsung menyembunyikan sebuah elemen. Berikut contoh penggunaannya:



<p hidden>Ini adalah paragraf yang disembunyikan</p>

 Dengan menambahkan atribut hidden, elemen tersebut akan otomatis disembunyikan tanpa perlu menggunakan CSS tambahan. Ini memudahkan kita dalam menyembunyikan elemen secara langsung di dalam struktur HTML.


JavaScript untuk Menyembunyikan Elemen

 Selain menggunakan CSS dan atribut HTML, kita juga dapat menggunakan JavaScript untuk menyembunyikan elemen. Berikut adalah contoh penggunaannya:



<button onclick=hideElement()>Sembunyikan Paragraf</button>
<p id=hiddenParagraph>Ini adalah paragraf yang akan disembunyikan</p>

<script>
function hideElement() {
document.getElementById(hiddenParagraph).style.display = none;
}
</script>

 Dalam contoh di atas, saat button ditekan, maka paragraf dengan id hiddenParagraph akan disembunyikan menggunakan JavaScript. Hal ini memungkinkan kita untuk menyembunyikan elemen secara dinamis berdasarkan interaksi pengguna.

Kesimpulan

 Demikianlah tutorial singkat tentang cara menyembunyikan elemen dengan tag HTML. Dengan menggunakan CSS, atribut HTML, dan JavaScript, kita dapat dengan mudah menyembunyikan elemen sesuai kebutuhan dalam pengembangan web. Semoga tutorial ini bermanfaat dan dapat membantu dalam proyek-proyek pengembangan web Anda!

 Terima kasih telah membaca. Tetap semangat belajar coding!


#TutorialHTML
#HTMLTag
#HideElement
#WebDevTutorial
#FrontEndCoding

Menyembunyikan Elemen Tag HTML 

 View :37
 Publish: Jun 23, 2024

  << Artikel SebelumnyaArtikel Selanjutnya >>  

Artikel Terkait



Oneartikel.com adalah Website Yang Berisi Kumpulan Artikel Terlengkap Dan Terupdate di Indonesia


Copyright © 2024 Kumpulan Artikel Terlengkap Dan Terupdate di Indonesia. All rights reserved.