10 Jajanan Anak Sekolah yang Bikin Nostalgia di Tahun 90-an

facebook twitter email whatapps   Sabtu, 27 Juli 2024

10 Jajanan Anak Sekolah yang Bikin Nostalgia di Tahun 90-an

 Bagi generasi 90-an, masa sekolah adalah periode emas yang dipenuhi dengan kenangan manis. Salah satu elemen yang tak terpisahkan dari masa-masa itu adalah jajanan sekolah. Aroma khas jajanan jadul, rasa yang familiar, dan momen berbagi bersama teman-teman, semuanya bercampur menjadi satu membentuk jejak nostalgia yang tak terlupakan. Di artikel ini, kita akan bernostalgia dan menelusuri kembali 10 jajanan anak sekolah yang populer di era 90-an, mengungkap kenangan manis dan cerita di baliknya.

1. Kue Ape: Manis Legit yang Tak Lekang Zaman

 Kue ape, dengan teksturnya yang lembut dan rasa manis legitnya, menjadi salah satu jajanan favorit anak sekolah di era 90-an. Kue ini terbuat dari adonan tepung beras, gula, dan santan yang dimasak dalam cetakan berbentuk bulat. Bentuknya yang unik, mirip dengan sarang lebah, membuat kue ape begitu menarik. Biasanya, kue ape dijual dengan berbagai pilihan rasa, seperti original, pandan, atau cokelat. Rasa manis dan gurihnya yang pas membuat kue ape menjadi teman setia saat istirahat sekolah.

 Salah satu kenangan yang melekat dengan kue ape adalah saat membeli kue ini dari pedagang kaki lima di depan gerbang sekolah. Aroma manis yang tercium dari jauh membuat perut berdesir. Kita akan berlomba-lomba untuk mendapatkan kue ape yang masih hangat dan empuk. Rasanya, tak pernah ada yang bisa menyamai kelezatan kue ape di masa itu.

2. Cilok: Sensasi Kenyal dan Pedas yang Menggoda

 Cilok, singkatan dari aci dicolok, merupakan jajanan khas Bandung yang juga populer di seluruh Indonesia. Cilok terbuat dari adonan tepung kanji yang dibentuk bulat-bulat dan direbus hingga matang. Sensasi kenyalnya yang khas dan rasa gurihnya yang gurih menjadi daya tarik utama cilok. Biasanya, cilok disajikan dengan saus kacang pedas yang menambah cita rasa.

 Kenangan cilok masa kecil sering kali dikaitkan dengan momen saat berburu cilok di kaki lima bersama teman-teman. Kita akan bergantian menunjuk cilok yang ingin dibeli, kemudian menikmati cilok hangat dengan saus pedas yang menggores lidah.


3. Kue Pancong: Gurih Gurih Beraroma Kelapa

 Kue pancong, jajanan tradisional khas Betawi, memiliki tekstur yang kenyal dan rasa gurih yang khas. Kue ini dibuat dari adonan tepung beras, santan, dan gula yang dimasak dalam cetakan pancong berbahan tanah liat. Setelah matang, kue pancong biasanya disiram dengan kelapa parut yang membuat aromanya semakin semerbak.

 Menikmati kue pancong hangat saat istirahat sekolah adalah pengalaman yang menyenangkan. Rasa gurihnya yang khas dan aroma kelapa yang menggoda membuat kita selalu ingin nambah. Kue pancong menjadi jajanan yang cocok dinikmati bersama teman-teman, sambil bercerita tentang kegiatan seru di sekolah.

4. Es Cendol: Segar dan Menyegarkan

 Es cendol, minuman tradisional yang menyegarkan, merupakan jajanan yang selalu ada di setiap sudut kota di Indonesia. Es cendol terbuat dari cendol yang terbuat dari tepung beras yang dibentuk seperti mie dan direbus, kemudian disiram dengan santan, gula merah, dan es batu. Perpaduan rasa manis, gurih, dan dingin dari es cendol menjadikannya minuman yang tepat untuk meredakan dahaga di siang hari.

 Menikmati es cendol di kantin sekolah atau di warung pinggir jalan selalu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Rasa manis dan segarnya membuat badan kita kembali bersemangat setelah lelah belajar.

5. Kue Lontong: Gurih dan Manis

 Kue lontong, jajanan tradisional yang terbuat dari tepung beras yang dimasak dalam daun pisang, memiliki tekstur yang kenyal dan rasa gurih yang khas. Kue lontong biasanya disajikan dengan saus gula merah dan kelapa parut yang membuat rasanya semakin manis dan gurih.

 Kenangan kue lontong di masa kecil biasanya dikaitkan dengan momen-momen di kantin sekolah. Saat istirahat, kita akan berburu kue lontong yang masih hangat dan nikmat. Rasa gurihnya yang khas dan aroma manisnya yang semerbak selalu membuat kita ketagihan.

6. Onde-onde: Manis Lembut dan Beraroma Kelapa

 Onde-onde, jajanan tradisional yang terbuat dari adonan tepung ketan yang diisi dengan pasta kacang hijau atau gula merah, kemudian digoreng hingga berwarna keemasan, memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis yang khas. Onde-onde biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut yang membuat aromanya semakin semerbak.

 Membeli onde-onde dari pedagang kaki lima di depan sekolah selalu menjadi hal yang menyenangkan. Kita akan memilih onde-onde yang masih hangat dan empuk, kemudian menikmati kelezatannya bersama teman-teman.

7. Telur Gulung: Gurih dan Renyah

 Telur gulung, jajanan sederhana yang terbuat dari telur yang dikocok dan digoreng dengan tambahan bumbu-bumbu, memiliki tekstur yang renyah dan rasa gurih yang khas. Telur gulung biasanya disajikan dengan saus sambal dan mayones, yang menambah cita rasa pedas dan gurih.

 Menikmati telur gulung di kantin sekolah atau di warung pinggir jalan selalu menjadi momen yang menyenangkan. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuat kita selalu ketagihan.

8. Permen Karet: Manis dan Segar

 Permen karet, jajanan yang menjadi favorit anak-anak di era 90-an, memiliki rasa manis dan aroma yang menyegarkan. Permen karet biasanya dijual dalam berbagai rasa dan warna, seperti strawberry, anggur, dan jeruk. Permen karet juga dikenal sebagai pengusir rasa bosan dan penghilang napas tak sedap.

 Kenangan permen karet di masa kecil biasanya dikaitkan dengan momen-momen saat bermain bersama teman-teman. Kita akan saling bertukar permen karet dan mengunyahnya dengan gembira.

9. Susu Jahe: Hangat dan Menyegarkan

 Susu jahe, minuman hangat yang menyegarkan, merupakan jajanan yang populer di musim hujan. Susu jahe terbuat dari campuran susu sapi, jahe, dan gula yang direbus hingga mendidih. Rasa jahe yang hangat dan susu yang lembut menjadi perpaduan yang pas untuk menghangatkan tubuh di cuaca dingin.

 Menikmati susu jahe di kantin sekolah atau di warung pinggir jalan selalu menjadi momen yang menyenangkan. Rasa hangat dan manisnya membuat badan kita kembali bersemangat setelah lelah belajar.

10. Es Kelapa Muda: Segar dan Menyegarkan

 Es kelapa muda, minuman segar yang terbuat dari air kelapa muda, gula, dan es batu, merupakan jajanan yang populer di siang hari. Rasa manis dan segarnya yang khas membuat es kelapa muda menjadi minuman yang tepat untuk meredakan dahaga.

 Membeli es kelapa muda di pedagang kaki lima di depan sekolah selalu menjadi hal yang menyenangkan. Kita akan menikmati rasa segarnya sambil bercerita dengan teman-teman.


#Jajanan90an
#NostalgiaSekolah
#MakananJadul
#KangenJamanDulu
#MasaKecil

Jajanan 90an Nostalgia Sekolah Makanan Anak Jajanan Jadul Tahun 90an 

 View :20
 Publish: Jul 27, 2024

  << Artikel SebelumnyaArtikel Selanjutnya >>  

Artikel Terkait



Oneartikel.com adalah Website Yang Berisi Kumpulan Artikel Terlengkap Dan Terupdate di Indonesia


Copyright © 2024 Kumpulan Artikel Terlengkap Dan Terupdate di Indonesia. All rights reserved.