Resep Mie Goreng Jawa Pedas

facebook twitter email whatapps   Minggu, 16 Juni 2024

Resep Mie Goreng Jawa Pedas

 Siapa sih yang gak suka mie goreng? Makanan yang satu ini memang jadi favorit banyak orang, dari anak-anak sampai dewasa. Apalagi kalau ditambah dengan bumbu-bumbu yang sedap dan pedas, dijamin langsung bikin ketagihan! Nah, kali ini kita akan membahas resep mie goreng Jawa pedas yang dijamin bikin kamu ngiler. Rasanya yang gurih, manis, dan pedasnya yang nampol, pasti akan membuat kamu ketagihan!

Asal Usul Mie Goreng Jawa

 Sebelum kita bahas resepnya, yuk kita sedikit bahas tentang asal usul mie goreng Jawa. Mie goreng Jawa merupakan salah satu hidangan mie yang populer di Indonesia, khususnya di Jawa. Asal-usulnya diperkirakan berasal dari pengaruh kuliner Tionghoa yang masuk ke Indonesia pada masa lampau. Di Jawa, mie goreng kemudian mengalami modifikasi dan penyesuaian dengan cita rasa lokal, sehingga tercipta mie goreng Jawa yang kita kenal sekarang.

Keunikan Mie Goreng Jawa

 Mie goreng Jawa memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dari jenis mie goreng lainnya. Pertama, mie goreng Jawa biasanya menggunakan mie telur yang lebih tebal dan kenyal. Kedua, bumbu yang digunakan biasanya lebih kompleks, terdiri dari berbagai macam rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, ketumbar, dan lain-lain. Ketiga, mie goreng Jawa biasanya disajikan dengan tambahan pelengkap seperti telur, sawi, dan acar.


Rahasia Mie Goreng Jawa yang Pedas

 Rasa pedas pada mie goreng Jawa biasanya berasal dari cabe merah yang digunakan sebagai bumbu utama. Ada banyak jenis cabe merah yang bisa digunakan, seperti cabe merah keriting, cabe merah besar, atau cabe rawit. Tingkat kepedasannya bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Untuk kamu yang suka pedas, jangan ragu untuk menambahkan cabe lebih banyak. Tapi kalau kamu tidak suka pedas, bisa dikurangi atau bahkan dihilangkan.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

 Untuk membuat mie goreng Jawa pedas, kamu membutuhkan bahan-bahan berikut:

  • Mie telur, 2 bungkus
  • Bawang merah, 4 siung, cincang halus
  • Bawang putih, 2 siung, cincang halus
  • Cabe merah, 5-10 buah, iris tipis atau sesuai selera
  • Tomat, 1 buah, potong dadu
  • Sawi hijau, 1 ikat, potong-potong
  • Telur ayam, 2 butir
  • Kecap manis, 2 sdm
  • Saus tiram, 1 sdm
  • Gula pasir, 1 sdt
  • Garam, secukupnya
  • Merica bubuk, secukupnya
  • Minyak goreng, secukupnya

Langkah-Langkah Membuat Mie Goreng Jawa Pedas

 Sekarang, saatnya kita memasuki bagian yang paling seru, yaitu proses pembuatan mie goreng Jawa pedas. Simak langkah-langkah berikut dengan seksama:

1. Merebus Mie

 Pertama, rebus mie telur dalam air mendidih hingga matang. Jangan lupa tambahkan sedikit garam agar mie terasa lebih gurih. Setelah matang, tiriskan mie dan siram dengan air dingin agar mie tidak lengket.

2. Menumis Bumbu

 Sambil menunggu mie direbus, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Setelah harum, masukkan cabe merah dan tomat. Tumis hingga tomat layu dan mengeluarkan air.

3. Menambahkan Saus dan Bumbu

 Masukkan kecap manis, saus tiram, gula pasir, garam, dan merica bubuk ke dalam tumisan. Aduk hingga semua bumbu tercampur rata.

4. Mencampurkan Mie

 Masukkan mie yang sudah direbus ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata hingga mie terbaluri bumbu secara merata.

5. Menambahkan Telur

 Pecahkan telur ke dalam wajan. Aduk perlahan hingga telur menjadi orak-arik. Jangan lupa untuk menambahkan sawi hijau yang sudah dicuci bersih.

6. Mencicipi dan Menyajikan

 Cicipi mie goreng Jawa pedas yang sudah jadi. Sesuaikan rasa dengan selera masing-masing. Jika dirasa kurang asin, bisa ditambahkan garam lagi. Setelah dirasa pas, sajikan mie goreng Jawa pedas selagi hangat. Jangan lupa tambahkan pelengkap seperti acar, kerupuk, atau sambal.

Tips Membuat Mie Goreng Jawa Pedas yang Maknyus

 Berikut beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk membuat mie goreng Jawa pedas yang lebih maknyus:

  • Gunakan mie telur yang berkualitas baik agar mie terasa lebih kenyal dan enak.
  • Tumis bumbu dengan api sedang agar bumbu matang sempurna dan tidak gosong.
  • Jangan terlalu lama menumis mie agar mie tidak menjadi lembek.
  • Untuk menambah rasa gurih, kamu bisa menambahkan kaldu ayam atau kaldu sapi ke dalam tumisan.
  • Sesuaikan tingkat kepedasan dengan selera masing-masing. Jangan takut untuk bereksperimen dengan jenis dan jumlah cabe yang digunakan.

Variasi Mie Goreng Jawa Pedas

 Mie goreng Jawa pedas bisa dimodifikasi dengan berbagai macam bahan tambahan. Beberapa variasi mie goreng Jawa pedas yang bisa kamu coba, yaitu:

  • Mie Goreng Jawa Pedas dengan Daging Sapi: Tambahkan potongan daging sapi yang sudah dibumbui dan digoreng ke dalam mie goreng Jawa pedas.
  • Mie Goreng Jawa Pedas dengan Ayam: Tambahkan potongan ayam yang sudah digoreng atau direbus ke dalam mie goreng Jawa pedas.
  • Mie Goreng Jawa Pedas dengan Udang: Tambahkan udang yang sudah dibersihkan dan digoreng ke dalam mie goreng Jawa pedas.
  • Mie Goreng Jawa Pedas dengan Bakso: Tambahkan bakso sapi atau bakso ikan ke dalam mie goreng Jawa pedas.

Manfaat Mie Goreng Jawa Pedas

 Mie goreng Jawa pedas, selain enak, juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, yaitu:

  • Kaya akan Karbohidrat: Mie goreng Jawa pedas merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk memberikan energi bagi tubuh.
  • Sumber Protein: Mie goreng Jawa pedas yang dilengkapi dengan telur, daging, atau ayam merupakan sumber protein yang baik untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh.
  • Kaya akan Vitamin dan Mineral: Sayuran seperti sawi hijau dalam mie goreng Jawa pedas kaya akan vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi kesehatan.
  • Menghangatkan Tubuh: Rasa pedas pada mie goreng Jawa pedas dapat membantu menghangatkan tubuh, terutama saat cuaca dingin.

 Nah, itulah resep mie goreng Jawa pedas yang bisa kamu coba buat di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu pasti bisa membuat mie goreng Jawa pedas yang lezat dan gurih. Jangan lupa untuk berkreasi dengan menambahkan bahan-bahan lain sesuai selera kamu. Selamat mencoba!


#ResepMieGorengJawa
#MieGorengPedas
#MieGorengJawaPedas
#MasakanIndonesia
#KulinerIndonesia

Mie Goreng Jawa Resep Mie Goreng Pedas Gurih Masakan Jawa Mie Goreng Pedas 

 View :11
 Publish: Jun 16, 2024

  << Artikel SebelumnyaArtikel Selanjutnya >>  

Artikel Terkait



Oneartikel.com adalah Website Yang Berisi Kumpulan Artikel Terlengkap Dan Terupdate di Indonesia


Copyright © 2024 Kumpulan Artikel Terlengkap Dan Terupdate di Indonesia. All rights reserved.