Camilan Khas Jawa yang Nikmat dan Bergizi untuk Camilan Sore Anda

facebook twitter email whatapps   Rabu, 26 Juni 2024

Camilan Khas Jawa yang Nikmat dan Bergizi untuk Camilan Sore Anda

 Siapa yang tidak suka camilan? Camilan selalu menjadi teman setia ketika kita sedang menikmati waktu santai di sore hari. Di Jawa, terdapat beragam camilan khas yang tidak hanya nikmat, tetapi juga bergizi. Dengan bahan-bahan alami dan rempah-rempah tradisional, camilan khas Jawa ini tak hanya menggugah selera, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan. Ingin tahu camilan apa saja yang bisa menjadi pilihan untuk menemani sore Anda? Simak ulasan berikut!

1. Tempe Goreng

 Siapa yang tidak kenal dengan camilan khas Jawa yang satu ini? Tempe goreng adalah camilan yang terbuat dari tempe yang diiris tipis dan digoreng hingga crispy. Tempe sendiri merupakan sumber protein nabati yang kaya akan nutrisi. Selain itu, tempe juga mengandung probiotik yang baik untuk kesehatan pencernaan. Rasanya yang gurih dan renyah membuat tempe goreng menjadi camilan favorit banyak orang.

2. Bakwan Jagung

 Bakwan jagung juga merupakan camilan yang populer di Jawa. Camilan ini terbuat dari campuran adonan tepung terigu, jagung, dan bumbu-bumbu rempah pilihan. Bakwan jagung kemudian digoreng hingga matang dan disajikan dengan sambal atau saus cabai. Selain enak, bakwan jagung juga kaya akan serat dan antioksidan dari jagung, sehingga baik untuk pencernaan dan kesehatan jantung.


3. Onde-Onde

 Onde-onde adalah camilan khas Jawa yang terbuat dari adonan tepung ketan yang diisi dengan kacang hijau dan kemudian digoreng hingga berwarna keemasan. Camilan ini kemudian dicocolkan ke dalam wijen sangrai, sehingga memberikan tekstur renyah dan aroma harum wijen yang khas. Onde-onde juga mengandung protein nabati dari kacang hijau serta karbohidrat dari ketan, sehingga memberikan energi ekstra untuk menemani aktivitas sore Anda.

4. Getuk Lindri

 Getuk lindri merupakan camilan tradisional Jawa yang terbuat dari ketan putih dan gula merah. Ketan putih direbus hingga matang, kemudian ditumbuk hingga halus dan dicampur dengan gula merah. Adonan getuk lindri kemudian dibentuk bulat dan diberi taburan kelapa parut. Getuk lindri kaya akan energi dari karbohidrat ketan dan gula merah, serta serat dari kelapa parut yang baik untuk pencernaan.

5. Sate Kere

 Sate kere bukanlah sate daging seperti yang biasa kita kenal, tetapi sate yang terbuat dari potongan tahu atau tempe yang ditusuk dan kemudian dipanggang dengan saus kacang yang gurih. Sate kere kaya akan protein nabati dari tahu atau tempe, serta lemak sehat dan vitamin E dari saus kacang. Camilan ini cocok untuk menemani santai Anda di sore hari.

6. Mendut

 Mendut merupakan camilan khas Jawa yang terbuat dari adonan tepung beras yang diisi dengan kacang hijau dan kemudian dikukus hingga matang. Camilan ini sering disajikan dengan saus gula merah yang kental dan aroma pandan yang harum. Mendut mengandung karbohidrat kompleks dari tepung beras dan protein nabati dari kacang hijau, sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama.

7. Bongko Mentik Susu

 Bongko mentik susu merupakan camilan khas Jawa yang terbuat dari adonan tepung ketan dan sagu yang dicampur dengan santan dan kemudian dikukus hingga matang. Camilan ini memiliki tekstur kenyal dan lembut, serta disajikan dengan saus santan dan gula merah yang kental. Bongko mentik susu kaya akan energi dari karbohidrat tepung ketan dan sagu, serta mineral dan lemak sehat dari santan.

8. Sumping Waluh

 Sumping waluh merupakan camilan tradisional Jawa yang terbuat dari labu kuning yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung ketan, gula, dan santan. Adonan sumping kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang. Sumping waluh memiliki rasa manis yang lezat dan kaya akan vitamin A dan serat dari labu kuning, serta energi dari karbohidrat tepung ketan dan gula.

9. Lapis Legit

 Lapis legit adalah kue lapis tradisional Jawa yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula, dan mentega yang kemudian dipanggang bergantian hingga berlapis-lapis. Kue ini memiliki tekstur yang kaya akan rempah-rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan jahe, sehingga memberikan aroma dan rasa yang khas. Lapis legit mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehingga cocok untuk menemani sore Anda.

10. Cenil

 Cenil merupakan camilan khas Jawa yang terbuat dari adonan tapioka yang dibentuk bulat kecil dan direbus hingga mengapung. Cenil kemudian disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah. Camilan ini kaya akan karbohidrat dari tapioka, serat dari kelapa parut, dan energi sederhana dari gula merah, sehingga cocok sebagai camilan sederhana namun nikmat.

 Demikianlah beberapa camilan khas Jawa yang nikmat dan bergizi yang bisa menjadi pilihan untuk menemani santai Anda di sore hari. Selamat mencoba dan nikmati kelezatan serta manfaat kesehatan dari camilan tradisional Jawa!


#CamilanKhasJawa
#NikmatdanBergizi
#CamilanSore
#JajananSore
#CemilanTradisional

Camilan Khas Jawa Nikmat dan Bergizi Camilan Sore Anda 

 View :27
 Publish: Jun 26, 2024

  << Artikel SebelumnyaArtikel Selanjutnya >>  

Artikel Terkait



Oneartikel.com adalah Website Yang Berisi Kumpulan Artikel Terlengkap Dan Terupdate di Indonesia


Copyright © 2024 Kumpulan Artikel Terlengkap Dan Terupdate di Indonesia. All rights reserved.