8 Jenis Sambal Indonesia yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

facebook twitter email whatapps   Minggu, 28 April 2024

8 Jenis Sambal Indonesia yang Wajib Dicoba Sekarang Juga

 Sambal merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang tidak bisa dilewatkan begitu saja. Setiap daerah di Indonesia memiliki sambal dengan cita rasa yang berbeda-beda. Berikut ini adalah 8 jenis sambal Indonesia yang wajib dicoba sekarang juga.

1. Sambal Terasi

 Sambal terasi merupakan sambal khas Indonesia yang rasanya sangat khas dan pedas. Sambal ini terbuat dari terasi yang dicampur dengan cabai rawit, garam, gula, dan sedikit air jeruk limau. Sambal terasi sangat cocok disajikan dengan ikan bakar atau ayam goreng.

2. Sambal Matah

 Sambal matah berasal dari Bali dan memiliki cita rasa segar dengan campuran bawang merah, cabai rawit, dan irisan daun jeruk. Sambal ini biasanya disajikan untuk menemani hidangan daging panggang atau ikan bakar.


3. Sambal Bajak

 Sambal bajak berasal dari Jawa Timur dan terbuat dari campuran cabai merah, bawang putih, gula merah, garam, dan terasi. Sambal ini memiliki rasa pedas manis yang lezat dan cocok disajikan dengan nasi goreng atau ayam penyet.

4. Sambal Cobek

 Sambal cobek berasal dari Jawa Barat dan memiliki cita rasa pedas dengan tekstur yang agak kasar. Sambal ini terbuat dari cabai merah, garam, terasi, dan tomat yang diulek menggunakan cobek. Sambal cobek sangat cocok disajikan dengan ketoprak atau lalapan.

5. Sambal Lado Mudo

 Sambal lado mudo berasal dari Sumatera Barat dan terbuat dari cabai hijau muda yang dicampur dengan bawang merah, bawang putih, garam, dan air jeruk limau. Sambal ini memiliki cita rasa pedas segar yang enak disajikan dengan rendang atau gulai.

6. Sambal Goreng Kentang

 Sambal goreng kentang berasal dari Betawi dan memiliki rasa manis pedas yang khas. Sambal ini terbuat dari kentang goreng yang disajikan dengan sambal terbuat dari cabai merah, gula, garam, dan bawang merah. Sambal goreng kentang biasanya disajikan sebagai pelengkap nasi uduk atau ketupat sayur.

7. Sambal Colo-colo

 Sambal colo-colo berasal dari Maluku dan memiliki cita rasa pedas segar dengan campuran cabai rawit, bawang merah, tomat, dan cuka. Sambal ini cocok disajikan dengan ikan bakar atau ayam goreng.

8. Sambal Petis

 Sambal petis berasal dari Surabaya dan memiliki cita rasa pedas manis dengan campuran petis, cabai rawit, bawang merah, gula, dan garam. Sambal ini sangat cocok disajikan dengan lontong sayur atau nasi pecel.

 Jadi, itulah 8 jenis sambal Indonesia yang wajib dicoba sekarang juga. Selamat mencoba dan nikmati kelezatan sambal khas Indonesia!


#SambalIndonesia
#SambalNusantara
#SambalPedas
#SambalEnak
#SambalTradisional

Sambal Terasi Sambal Bawang Sambal Matah Sambal Dadak Sambal Tomat 

 View :21
 Publish: Apr 28, 2024

  << Artikel SebelumnyaArtikel Selanjutnya >>  

Artikel Terkait



Oneartikel.com adalah Website Yang Berisi Kumpulan Artikel Terlengkap Dan Terupdate di Indonesia


Copyright © 2024 Kumpulan Artikel Terlengkap Dan Terupdate di Indonesia. All rights reserved.